Rapat Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Daerah Prov Sumsel Tahun 2019 – 2023

0
48

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan yaitu pengangguran dan setengah penganggur erat kaitannya dengan angka kemiskinan yang diatas rata-rata nasional. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan menyusun dan mengimplementasian Rencana Tenaga Kerja di berbagai bidang.

Guna Mewujudkan tujuan pembangunan ketenagakerjaan diperlukan perencanaan tenaga kerja yang terarah dan berkesinambungan. Sesuai dengan Nawa Kerja Kementerian Ketenagakerjaan menempatkan Penguatan Perencanaan Tenaga Kerja Nasional di posisi pertama maka Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan Bappeda dan unsure OPD terkait akan menjadi pilar utama dalam rangka penyusunan Rencana Tenaga Kerja Daerah.

Hadir dalam rapat Pembentukan Team Penyusunan RTKD Provinsi Sumatera Selatan yaitu narasumber dari Pusat Perencanaan Tenaga Kerja, Rini Nurhayati, SE., M.Si., didampingi oleh Jhony Awaluddin dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, M. Ashraf, SH. Diharapkan dengan disusun Rencana Tenaga Kerja Daerah dapat memperkecil kesenjangan antara kesempatan kerja yang tercipta dengan angkatan kerja.

Sering terjadi perubahan mendasar dalam pemerintahan di daerah maka peranan lintas sektor OPD di Provinsi sangat penting dalam menentukan perumusan juga implementasi kebijakan dan program pembangunan di daerah masing-masing.

.