Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika dibuka Kadisnakertrans

0
56

Provinsi Sumatera Selatan khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi kegiatan Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI di Bidang Informatika bagi Tenaga Kerja Angkatan Muda di Kota Palembang yang diadakan oleh Badan Penelitian Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyambut baik Kegiatan Sertifkasi Nasional Berbasis SKKNI bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda Kota Palembang. Diharapkan kegiatan ini dapat ikut membantu mengurangi dari 3,99 persen tingkat pengangguran terbuka (data Februari 2019) merperluas kesempatan kerja dan meningkatkan keterampilan kerja bagi para pencari kerja usia muda di Provinsi Sumatera Selatan.

Pada tahun 2018 Institure For Management Development (IMD) menerbitkan laporan tahunan  daya saing tenaga kerja dan dari 63 negara Indonesia menduduki rangking ke 45. Peringkat ini dihitung dengan bobot tertentu dengan mempertimbangkan tiga indikator, yaitu kesiapan sumber daya manusia, daya tarik suatu negara, serta pengembangan dan investasi. Indikator kesiapan SDM yang paling dominan nilainya.

Bonus demografi Indonesia akan berakhir pada tahun 2036 hal ini menjadi peluang emas bagi para pekerja muda Indonesia. Untuk itu pemerintah dan dunia industri untuk dapat bekerja sama mengantisipasi tantangan – tantangan agar tenaga kerja Indonesia ikut bersaing dalam era Industri 4.0.

Dewasa ini dampak dari pengembangan teknologi, bekerja tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Generasi saat ini adalah generasi  milenial untuk itu Pemerintah telah berusaha menyiapkan lapangan pekerjaan yang layak agar masyarakat di usia produktif tidak jadi pengangguran intelektual. Hasil survei Forum Ekonomi Dunia menyebutkan sekurangnya mulai 2022 industri di Indonesia banyak memerlukan software dan web developer, programming, human resources specialist serta teknisi dan insinyur dibidang robotika untuk itu para peserta sertifikasi diharapkan dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan sampai selesai.