Audiensi Perhimpunan Anak Transmigran RI (PATRI)

0
66

Rabu, 24 Juli 2019 Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan H. Koimudin di dampingi Kepala Bidang Permukiman dan Penempatan H. Endang Silparensi Menerima Kunjungan Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun DPD PATRI yang sudah dilantik oleh Dewan Pengurus Pusat (DPD) ada 12 (dua belas) provinsi, dan Provinsi Sumatera Selatan telah dilakukan pelantikan tanggal 12 Juni 2004. Diharapkan DPP PATRI Provinsi Sumatera Selatan dapat mendorong dan mengembalikan solidaritas lintas suku, budaya dan agama  para  anak keturunan transmigran dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia, Dapat menghimpun potensi dan jaringan sumber daya  anak dan keluarga transmigran untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas peran serta dukungan dalam membangun daerah transmigrasi.

Seperti diketahui PATRI lahir sebagai tantangan atas kebutuhan alamiah dari para generasi anak-anak transmigran di Indonesia, hal ini dapat dimengerti karena keberadaan transmigrasi di Indonesia sudah terjadi sejak sebelum masa kemerdekaan. Berdasarkan data (th 2002), di Indoensia transmigrasi telah berhasil mengembangkan sekitar 3.500 desa baru dengan berbagai infrastrukturnya, yang dihuni oleh sekitar 2,2 juta KK/8,8 juta jiwa, 30 desa diantaranya telah berkembang menjadi ibukota kabupaten/kota yang terus tumbuh dan berkembang dengan berbagai aspek dan dinamikanya masing-masing.

Adapun Visi dari Patri itu sendiri adalah mengembalikan Gerakan Transmigrasi sebagai Perekat Nasional Lintas Budaya, Suku, dan Agama. Sedangkan misi dari PATRI diantaranya membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan semangat keberagaman dan Mengembangkan sumberdaya kawasan transmigrasi demi kemaslahatan seluruh masyarakat. Dari redaksi Pusdatintrans mengucapkan selamat berjuang buat PATRI.