Kemitraan guna mewujudkan kesejahteraan Transmigran

0
69

Rapat Evaluasi Kemitraan oleh Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi dan empat perusahaan di Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan di Hotel Santika Premiere berlangsung pada tanggal 18 Juni 2019 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Direktur Kemitraan Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi.

Tujuan Rapat Evaluasi Kemitraan ini guna meningkatkan kesejahteraan warga transmigran melalui Badan Usaha di Provinsi Sumatera Selatan juga diadakannya evaluasi Badan usaha di daerah Provinsi Sumatera Selatan juga mencari solusi bagi mitra yang mempunyai masalah untuk dapat dirundingkan dan diselesaikan

Dalam Kata Sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Koimudin, S.H., M.M. berharap kemitraan dengan pihak ketiga meningkatkan kualitas ekonomi khususnya warga transmigrasi dan Provinsi Sumatera Selatan juga untuk mengentaskan kemiskinan bersama-sama dengan OPD terkait.

Untuk kedepannya terobosan Provinsi Sumatera Selatan yaitu kepastian hukum bagi warga transmigran mengenai HPL yang telah hampir rampung. Penguatan bentuk potensi dan keunggulan wilayah masing-masing melalui kemitraan guna menempatkan inovasi baru sehingga dilaksanakan usaha yang hasilnya dapat dinikmati oleh warga transmigran. Diperlukan pula diskusi dan evaluasi tentang kegiatan selama ini agar kedepan dicarikan solusinya.

Dalam arahan Direktur Kemitraan Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi menjelaskanb bahwa diperlukan evaluasi kinerja terhadap kemitraan yang dibina selama ini. Peranan swasta dirasa sangat besar. Pihak masyarakat diharapkan dapat berkolaborasi dan berpartisipasi untuk mendorong kemitraan di wilayah transmigrasi. Sementara ini inovasi terbaru telah bersama-sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia telah dapat dilakukan Pendaftaran Kemitraan Secara OnLine kedepannya.

Adapun yang  hadir dalam Kegiatan Rapat Evaluasi Kemitraan Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Selatan diikuti sebanyak 25 orang yang terdiri dari sembilan peserta pusat, lima peserta provinsi dan delapan peserta Kabupaten/Kota dengan mengundang empat perusahaan Kemitraan yaitu PT. Hamita Utama Karsa, PT Bumi Khatullistiwa Mandiri, PT. Daya Semesta Agro Persada, PT. Russelindo Putra Prima.

Turut mendampingi ialah Kepala Bidang Permukiman Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Ir. Endang Silparensi, M.T.,