Pelatihan 27 Rohaniawan (Da’i) Kawasan Permukiman Transmigrasi Tahun 2019

0
90

Sebanyak 27 Rohaniawan (Da’i) dari Kawasan Permukiman Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan.┬áKegiatan ini terselenggara melalui sinergitas antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama dengan Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah.

Bertempat di Asrama Haji Palembang Provinsi Sumatera Selatan acara yang berlangsung selama lima hari terhitung tanggal 17 Juni sampai 21 Juni 2019 merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat lewat pengembangan peningkatan kapasitas mental spiritual masyarakat transmigrasi khususnya di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah meningkatkan kemampuan Rohaniawan (Da’i) di dalam kawasan permukiman transmigrasi sehingga terwujud lingkungan yang harmonis dengan tercipta keseimbangan profesionalisme pada unit permukiman wilayah transmigrasi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Koimudin, S.H., M.M., menyambut baik dan mengapresiasi atas dilakukannya pelatihan bagi Rohaniawan (Da’i) di kawasan transmigrasi dikarenakan dirasa penting untuk menguatkan sisi keagamaan di kawasan transmigrasi. Selain membangunan sarana dan prasarana dirasa perlu dibina pula iman dan takwa di lingkungan kawasan transmigrasi dan juga hubungan harmonis antar lintas agama dikarenakan Provinsi Sumatera Selatan merupakan kawasan Zero Conflict.

Harapan dari Kepala Dinas setelah kegiatan dilaksanakan sekembalinya ke daerah masing-masing peserta Pelatihan Rohaniawan (Da’i) yang mengikuti kegiatan ini dapat langsung turun ke lapangan untuk menegakkan ilmu muamalah dan mukhamat serta cara beribadah yang benar kepada warga binaan di kawasan transmigrasi.

Turut hadir pula pada Acara Pembukaan Kegiatan ini diantaranya, Kepala Sub Direktorat  Pengembangan  Mental Spiritual Sosial Budaya Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi beserta jajarannya, Kepala Departemen Dakwah Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah beserta jajarannya, Kepala Bidang Permukiman dan Kepala Bidang PPUESB Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan beserta jajarannya.