Rapat Teknis OPD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019

0
93

Dalam rangka menyamakan persepsi dan sinkronisasi Usulan Rencana Kegiatan Anggaran Tahun 2020 Program Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian serta menyamakan persepsi dalam pelaksanaanan kegiatan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian tahun 2019 antara Provinsi, dan Kabupaten, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Rapat Teknis OPD Bidang Ketenagakerjaan dan Bidang Ketransmigrasian Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan Tahun 2019 yang dihadiri oleh 15 Kabupaten/Kota.

Adapun  Susunan Acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan
  2. Arahan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  3.  Paparan oleh Bappeda Provinsi Sumatera Selatan tentang Arah Kebijakan Pembangunan Sumatera Selatan tahun 2020.
  4.  Paparan bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian dilanjutkan dengan diskusi pembahasan dan Evaluasi Program Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Tahun 2018 oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan. Rumusan dan Kesimpulan.
  5. Diskusi dan tanya jawab
  6. Penutup

Drs.H.Koimudin,S.H.,M.M. selaku Kepala Dinas dalam pengarahan di depan Peserta Rapat Teknis Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan yang perlu mendapat perhatian diantaranya Penyusunan dan pelaksanaan program ketenagakerjaan dan ketransmigrasian antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota harus mendahulukan prinsip sinergitas, hal ini perlu dilakukan karena sesungguhnya Provinsi tidak memiliki wilayah dan Kabupatenlah sesungguhnya yang memiliki wilayah.

Angka kemiskinan Provinsi Sumatera Selatan sebesar 12,80% yang berada jauh diatas angka Kemiskinan Nasional (9,82%) seyogyanya merupakan akumulasi angka kemiskinan Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan, daerah-daerah kemsikinan ini telah dipetakan oleh Bappeda Provinsi Sumatera Selatan melalui Basis Data Terpadu (BDT) Sehingga kita tinggal menyiapkan program-program untuk mendorong dinas ketenagakerjaan dan ketransmigrasaian melaksanakan kegiatan di kantong-kantong kemiskinan yang ada di Kabupaten/Kota

Arah kebijakan pembangunan Sumatera Selatan Tahun 2020 dipaparkan oleh Bapak Joni Awaludin, SE.,MT.,MA. Kabid Pemerintahan, Kesos, Kesra Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, secara umum arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi, pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Pembangunan daerah (kabupaten/kota) merupakan tanggung jawab semua stakeholder dengan target yang telah dikaji secara mendalam .