Penyerahan Anugerah Kinerja Perusahaan “SIDDHAKARYA” Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018

0
145

Guna mendorong gerakan peningkatan produktivitas di kalangan perusahaan dan UKM, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan audit kinerja perusahaan dalam rangka penghargaan produktivitas, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

Penghargaan produktivitas tingkat provinsi dengan nama “SIDDHAKARYA” diserahkan oleh Gubernur pada setiap tahun genap. Penyerahan ini diwakili oleh Assisten I, Akhmad Najib, Kamis (15/11) bertempat di Gedung Serbaguna PT PUSRI Palembang. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPK Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Kesdam II Sriwijaya, KSOP Polda Sumatera Selatan, Wabin Sumatera Selatan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan serta tamu undangan lainnya.

Kadisnakertrans Prov Sumsel

Pemberian penghargaan prodktivitas sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mendorong gerakan peningkatan produktivitas secara terus menerus dan secara berkesinambungan khususnya di kalangan dunia usaha sebagai kunci sentral pencipta kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan. Dengan tingginya produktivitas perusahaan itu sendiri, sehingga akan menyerap lapangan pekerjaan lebih banyak lagi, sekaligus mengurangi pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Koimudin SH, MM mengatakan anugerah kinerja produktivitas perusahaan Siddhakarya merupakan kalender rutin yan digelar Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan pada tahun genap. Tahun 2018 ini perusahaan atau UKM yang mengikuti seleksi sebanyak 18 perusahaan yang berasal dari Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan. Dari 18 peserta yang mengikuti seleksi tersebut diperoleh 6 perusahaan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan Anugerah Kinerja Perusahaan Siddhakarya Tahun 2018.

Selain penyerahan penghargaan Siddhakarya, kami melakukan penandatanganan MoU antara Pemprov Sumsel dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), perguruan tinggi dan swasta. MoU tersebut untuk pemberdayaan masyarakat untuk dilatih agar memiliki keterampilan, sehingga dengan memiliki keterampilan tersebut diharapkan akan mengurangi tingkat angka pengangguran di Sumatera Selatan.

Direktur Bina Produktivitas Direktorat Jenderal Bina Lattas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Drs Muhammad Zuhri, Msi mengatakan, penyerahan penghargaan Siddhakarya di Sumatera Selatan ini merupakan penyerahan yang paling meriah dari penghargaan serupa di seluruh Indonesia. “Kami mengapresiasi penyerahan Penghargaan Siddhakarya begitu meriah dihadiri elemen masyarakat. Diharapkan ke enam perusahaan dan UKM terpilih yang terbaik di Sumatera Selatan, khususnya di bidang produktivitas nantinya mampu berprestasi di tingkat nasional demi mengharumkan nama Provinsi Sumatera Selatan. Ke depan diperlukan upaya yang sistematis antara pusat dan daerah demi meningkatkan produktivitas perusahaan dan UKM dikarenakan tahun 2019 pemerintah RI menargetkan produktivitas perusahaan kita harus menjadi nomor 1 dari negara negara ASEAN.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Najib mengharapkan dengan adanya penghargaan Siddhakarya dapat menjadi pemicu semangat perusahaan dan UKM yang ada di Sumatera Selatan untuk meningkatkan produktivitasnya sekaligus melakukan inovasi terbaru, sehingga nantinya mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat Sumsel.

Enam perusahaan dan UKM yang menerima penghargaan Siddhakarya Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018 antara lain PT Pusri Palembang, Hotel City Lubuk Linggau, PT. Indotirta Sriwijaya, CV. Intan Cipta Kesuma, Kopi Duren Sahabat Lubuk Linggau dan UMKM Melati Prabumulih. Sedangkan untuk MoU, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dilakukan dengan APINDO, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas IBA, Universitas Palembang, Universitas Tridinanti, Politeknik Jambi, PHRI dan STIA Satya Negara. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga memberikan penghargaan kepada tiga Kepala Daerah Pembina UKM terbaik se-Sumatera Selatan yaitu Kota Prabumulih, Kota Lubuk Linggau dan Kota Palembang.