Bimtek RTK 2018

0
117

Palembang (2/4), Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan Badan Perencanaan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kabupaten /Kota Wilayah Sumatera Selatan Tahun 2018 bertempat di Hotel Santika Radial, Palembang. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 1 s/d 5 April 2018, akan diadakan pendampingan terhadap 8 (delapan) Kabupaten/Kota wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang belum menyusun Rencana Tenaga Kerja.

Acara Pembukaan dihadiri oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan, Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Drs. Suhartono, MM., didampingi oleh  Kepala Sub Bidang PTK Daerah Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan,  Rini Nurhayati, SE. MT., beserta team.

Peserta berasal dari 8 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten PALI, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten MURATARA, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten OKU Timur dan Kota Pagar Alam. Sementara 9 Kabupaten/Kota lainnya telah menyusun Rencana Tenaga Kerja Daerah juga melalui pendampingan dari pusat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Koimudin, SH., MM dalam sambutannya mengatakan RTK ini sangat berguna bagi Pimpinan Daerah sebagai dasar pembangunan yang berpihak pada penciptaan perluasaan kesempatan kerja yang semakin jelas dan terarah khususnya menghadapi masalah pengangguran, penciptaan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Mengingat permasalahan ketenagakerjaan merupakan permasalahan bersama maka diperlukan upaya bersama.

Kapusdatin Barenbang Kemnaker RI didaulat untuk memberikan arahan dan membuka secara resmi jalannya Bimtek Pemyusunan RTK Kabupaten/Kota Wilayah Sumatera Selatan. Beliau berharap Buku Rencana Tenaga Kerja yang akan disusun nanti dapat menjadi pedoman dalam menyusun kebijakan, strategi dan program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan guna mengatasi permasalahan ketenagakerjaan.