Rapat Teknis OPD Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan Tahun 2018

0
225

Pada tanggal 26 sampai dengan 27 Maret 2017 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Teknis OPD Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Kabupaten/ Kota se Sumatera Selatan Tahun 2018 yang dibuka oleh Sekretaris Dinas.

Peserta rapat terdiri dari Kepala Dinas dan Kasubbag Perencanaan atau yang mewakili dari masing-masing OPD yang membidangi Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian dan satu perwakilan Bappeda yang berasal dari 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Adapun tujuan dari Rapat Teknis ialah guna menyamakan persepsi dan sinkronisasi Usulan Rencana Kegiatan Anggaran Tahun 2019 Program Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian serta menyamakan persepsi dalam pelaksanaanan kegiatan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian tahun 2018 antara Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan Rapat Teknis OPD Tahun 2018 dibuka oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan M. Asraf, SH., dilanjutkan paparan oleh Kasubdit Kesejahteraan Sosial Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengenai gambaran arah kebijakan pembangunan Sumatera Selatan Tahun 2019. Dilanjutkan dengan paparan oleh masing-masing bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian oleh tiap-tiap Kepala Bidang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. H. Koimudin, SH, MM juga memberikan sambutan yang mengatakan mengenai Tingkat Pengangguran Terbuka Provinsi Sumatera Selatan (4,49%) lebih rendah dari Prosentase Tingkat Pengangguran Terbuka Nasional (5,50%) namun hal ini belum berbanding lurus dengan tingkat kemiskinan provinsi. Perlu dicari solusi lebih mendalam dari kesenjangan yang terjadi antara angka kemsikinan dan rendahnya angka pengangguran. Selain itu juga menekankan kepada sinkronisasi RKP, RKPD Provinsi dan RKPD Kabupaten/Kota untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam mencapai tujuan pembangunan daerah.