DIRGAHAYU SUMATERA SELATAN, MAJU UNTUK SEMUA.

0
234

Palembang, 17/5/2022.

Tepat pada tanggal 15 Mei 2022 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) genap berusia 76 Tahun, pada momen Hari Ulang Tahun porvinsi Sumatera Selatan ke-76 tahun, pemerintah provinsi mengangkat tema ‘Dengan semangat Hari Jadi Provinsi Sumsel ke 76, Kita Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan’ , perayaannya sendiri dipusatkan  di Dining Hall Jakabaring Sport Center, Selasa (17/5/2022).

“Sumatera Selatan merupakan Provinsi terluas di Pulau Sumatera, serta terbesar ketiga dari sisi jumlah penduduk. Selain itu, secara geografis, dan ekonomis, Sumatera Selatan memiliki posisi yang sangat strategis, baik dari lalu lintas transportasi maupun sumber daya alam (SDA). Tentunya potensi ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin demi terwujudnya kejayaan Sumatera Selatan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”

Selain menjelaskan penanganan Covid dan melakukan percepatan vaksinasi Ia juga memaparkan berbagai aksi yang telah dilakukan terkait pemulihan ekonomi. Seperti bantuan sosial dan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 seperti bantuan bagi masyarakat terkena dampak, bantuan bagi mahasiswa miskin terkena dampak Covid-19, Fasilitasi bantuan pengembangan ekonomi masyarakat, pengadaan 1.400 (seribu empat ratus) Petugas Pendamping Penyuluh Pertanian, Program Strategis berupa Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, serta banyak program strategis lain seperti hilirisasi komoditi unggulan, pencarian sumber pertumbuhan ekonomi baru, meningkatkan UMKM dan ekonomi kreatif, pengembangan ekonomi syariah secara berkelanjutan serta digitalisasi ekonomi.

Dapat kita saksikan bersama hasil dari upaya tersebut berbuah nyata pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan Tahun 2021 yang angkanya meningkat tajam sebesar 3,49 poin dibanding Tahun 2020 yang minus 0,11 persen menjadi 3,58 persen pada Tahun 2021. Angka ini merupakan angka tertinggi nomor 3 (tiga) di Pulau Sumatera.

Selain pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, dilihat dari capaian indikator lain pada Tahun 2021, kita masih cukup tangguh berkompetisi di tingkat nasional. Hal ini terlihat dari beberapa capaian kinerja kita yang jauh lebih baik dari nasional seperti tingkat pengangguran terbuka dan gini rasio. Jika pertumbuhan ekonomi tahun 2021 membaik, demikian pula dengan capaian Tingkat Pengangguran Terbuka. Angka Tingkat Pengangguran Terbuka Sumatera Selatan Tahun 2021 sebesar 4,98 persen menurun sebesar 0,53 poin. Angka ini jauh lebih baik dari nasional yang sebesar 6,49 persen. Tingkat inflasi Sumatera Selatan dapat terjaga dalam kondisi stabil yaitu sebesar 1,82 persen, lebih rendah dari nasional yang sebesar 1,87 persen.

Sumber :

  • sriwijayamedia.com-(17/5/2022)
  • silamparipers.com-(17/5/2022)