Groundbreaking Pembangunan UPTP BLK Prabumulih

0
376
DisnakertransSumsel, 1/4/2022

Saat ini dunia kerja memerlukan tenaga kerja yang  memiliki soft skill dan didukung hard skill. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan berusaha menjembatani antara dunia usaha dengan pencari kerja, salah satunya dengan memberikan Pelatihan Berbasis Komptensi berstandar SKKNI di Balai Latihan Kerja. Balai Latihan Kerja milik pemerintah ( kementerian) dan daerah ( provinsi dan kabupaten/kota) meluluskan Pencari Kerja bersertfikat kompeten.

Pencari kerja yang telah mengikuti pelatihan di BLK Provinsi dan Kabupaten/Kota pada tahuan 2021 sebanyak 2030 orang dari 4939 calon peserta dengan kelulusan 99,41% atau 2.018 orang. Peserta yang lulus dan mengikuti Ujian Kompetensi sebanyak 912 orang dan yang berhasil mendapatkan sertifikat Kompeten sebanyak 820 orang (89,91%) dan ditempatkan (bekerja) tercatat 742 orang.

Sebagian besar BLK yang dimiliki pemerintah daerah (provinsi dan kab/kota) sarana dan prasarananya telah ketinggalan jaman sehingga diperlukan upgrade sarana dan prasaran agar lulusan BLK dapat bersaing di dunia kerja.

Dalam upaya Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Sumatera Selatan kita memiliki 13 Balai Latihan Kerja Pemerintah, 38 Balai Latihan Kerja Komunitas dan 180 Lembaga Pelatihan Kerja Swasta yang tersebar di Kabupaten/Kota, yang melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi baik melalui program Pemerintah maupun secara mandiri.

Hari ini Jumat bertepatan dengan tanggal 1 April 2022, dilakukan Groundbreaking dan peletakan batu pertama untuk pembangunan BLK UPTP Prabumulih, terletak di Kelurahan Tanjung Raman Prabumulih Selatan. Acara tersebut dihadiri Walikota Prabumulih H. Ridho Yahya, Direjend Binalavotas Kemnaker Rudi Hartawan dan Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Agung Nur Rohmad.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili H. Koimudin ( Kadisnakertrans Prov. Sumsel), menyampaikan,

“Dengan program pemerintah pusat untuk transformasi BLK Prabumulih menjadi BLK UPTP Prabumulih, hal ini akan menjadi Pusat Pelatihan bagi masyarakat dalam pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia.”

Dan selanjutnya Gubernur juga menyampaikan harapan, “Dengan berdirinya BLK UPTP Kementerian Ketenagakerjaa di Prabumulih diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memenuhi tantangan dunia usaha dan dunia industri.”

Agenda Kegiatan - awieq