Isra’ Miraj 1443 H

0
416

Isra dan Miraj memiliki arti penting dalam kehidupan orang-orang yang beriman. Pada saat itu,  Isra’ Miraj sebagai tanda kebesaran Allah SWT dan keagungan-Nya. Adapun hikmah yang terkandung dalam Isra’ Miraj, yakni “Isra Miraj dikenal sebagai peristiwa diluar nalar manusia dan logika ilmu pengetahuan serta teknologi saat ini pada umumnya karena juga memastikan ke Nabi an Rasulullah SAW. Isra Miraj adalah periode dimana Nabi SAW melakukan perjalanan dari Mekah ke Yerusalem hanya dalam 1 malam, yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan untuk melakukan perjalan tersebut.

Maha Suci Dia yang membawa hamba-Nya pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsha, yang ke sekelilingnya Kami meridhoi Masjid al-Aqsha, tunjukkan padanya tanda-tanda Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” Firman Allah SAW menjelaskan perjalanan ini dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Isra’, 17:1.

Saat Isra Miraj, Rasulullah SAW jadi imam shalat untuk Nabi-nabi terdahulu. Hal ini jadi bukti mereka patuh dan mengikuti ajaran Nabi SAW sekaligus jadi isyarat bahwa syariatnya tersebut telah menghapus syariat Nabi-nabi terdahulu.

Selain hikmah yang disebutkan di atas, adapun beberpa hikmah Isra Miraj lainnya yaitu keistimewaan Masjidil Aqsa untuk umat Muslim, Islam adalah agama yang suci, pentingnya ibadah shalat, dan memantapkan kenabian Rasulullah Muhammah SAW.

 

Disadur dari : https://www.suara.com/news/2022/02/28/080000/4-hikmah-isra-miraj-yang-bisa-dipetik-dari-perjalanan-nabi-muhammad-saw-ke-langit-ketujuh-bertemu-allah-swt?page=2