PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA BARU TAHUN 2021

0
398

Pembangunan suatu daerah pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat serta pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan naik terus. Oleh karena itu, target utama yang menjadi landasan munculnya program-program di Provinsi Sumatera Selatan adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Kegiatan ini sebagai bukti kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan secara bertahap setiap tahunnya. Artinya tidak hanya melatih keterampilan masyarakat kurang mampu namun juga meningkatkan kemampuannya agar keluar dari garis kemiskinan.

Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidak mampuan atau sebagai kekurangan kemampuan serta keterampilan untuk bekerja serta mencari nafkah guna menopang kehidupannya. Menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, program kewirausahaan terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausaha baru menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan serta pengangguran. Pemberdayaan wirausaha baru dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan sederhana sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menanggulangi pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan melalui pelatihan Pemberdayaan Wirausaha Baru yang dilakasanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Pentakerja dibuka langsung oleh Kepala Dinas H. Koimudin pada tanggal 21 September 2021, dilaksanakannya Kegiatan Pemberdayaan Wirausaha Baru  adalah  memberikan keterampilan kepada warga miskin agar mampu bertahan dalam menghadapi permasalahan ekonomi keluarga dengan memberikan pekerjaan layak bagi keluarganya serta memberikan bantuan berupa sarana usaha kepada sasaran penerima manfaat yaitu keluarga miskin. Peserta Pemberdayaan Wirausaha Baru sebanyak 20 orang berasala dari keluarahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1 Kota Palembang