PELAKSANAAN EVALUASI REFORMASI BIROKRASI

0
346

Palembang – 15 September 2021

Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) tahun 2021 telah dimulai sejak 18 Agustus 2021. Terdapat tiga fokus utama pada proses penilaian SAKIP, RB, dan ZI tahun ini yakni, efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, penyederhanaan birokrasi, serta inovasi pelayanan dan penguatan integritas selama pandemi.

“Tahun ini tim evaluator akan melihat dengan seksama, tiga fokus evaluasi saat melakukan proses penilaian. Ketiga poin ini harus dicermati oleh instansi yang menjadi objek evaluasi,” ujar Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Erwan Agus Purwanto beberapa waktu lalu.

Erwan menjelaskan, pada poin efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, evaluator akan mencari tahu bagaimana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara efektif digunakan untuk sektor dan program yang berdampak pada sasaran prioritas saat ini, seperti pemulihan ekonomi dan kesehatan. Refocusing program dan kegiatan yang sebelumnya kurang berdampak menjadi lebih berdampak langsung bagi masyarakat, juga menjadi salah satu unsur penting.

Lebih lanjut, pada poin penyederhanaan birokrasi akan dilihat bagaimana upaya perampingan struktur telah dilakukan sesuai kebutuhan dan tantangan organisasi di masa mendatang. Selain itu, tindak lanjut dari penyederhanaan birokrasi tersebut juga menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam penilaian.

“Dalam hal tindak lanjut dari penyederhanaan birokrasi, kita akan melihat bagaimana pengalihan jabatan struktural ke jabatan fungsional, penyesuian penjabaran atau cascading kinerja dari level pimpinan hingga individu, penyesuaian mekanisme kerja, dan juga proses bisnis,” imbuh Erwan. (Menpanrb-red )

Untuk menindaklanjuti  Penialian SAKIP Provinsi oleh Kementerian PAN dan RB, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera melakukan Evaluasi Birokrasi pada masing-masing OPD salah satunya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan. Pada kesempatan dimaksud Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H. Koimudin sebagai narasumber yang didampingi Sekertaris Dinas H. Abdul Roni dan Danila Qodariah selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, pelaksanaan evaluasi dilakukan melalui Zoom Cloud Meeting. Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi bersama Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan secara virtual dimulia pada pukul 09.00 Wib.

Source : https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/tiga-fokus-utama-evaluasi-sakip-rb-dan-zi-2021