MAY DAY 2021 DIMASA PANDEMI COVID-19 TANPA TURUN KEJALAN

0
431

Untuk kedua kalinya, peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Pandemi global ini berdampak besar pada sisi kesehatan, sosial, ekonomi, dan ketenagakerjaan.

Namun momen May Day yang bersamaan dengan pandemi Covid-19, kegiatan demo turun djalan yang biasanya diikuti ribuan pekerja dan buruh kali ini digantikan dengan Kegiatan Bhakti Sosial. Bertempat di Halaman Gedung DPR Provinsi Sumatera Selatan bahkti sosial dilakukan dengan memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat dan pekerja. Kegiatan May Day yang di Kota Palembang mengikuti Himbauan Meneri Ketenagakerjaan RI Ida Fuziah.

“Peringatan May Day tahun ini mari kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif. Kegiatan-kegiatan yang dapat membantu dan mendukung satu sama lain, mengingat pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap kondisi ketenagakerjaan kita,” kata Ida Fauziah di Jakarta, Jumat (30/4/2021).  Ida mengatakan dalam mengisi peringatan May Day, seluruh pekerja atau buruh harus tetap mengikuti protokol kesehatan. “Situasi saat ini masih pandemi. Saya ingatkan sekali lagi agar temen-teman pekerja/buruh maupun teman-teman pengusaha yang nanti merayakan May Day agar tetap mengikuti protokol Kesehatan,” imbuhnya.

Pada peringatan May Day 2021 kali ini, Kementerian Ketenagakerjaan RI mengkampanyekan tema May Day : Recover Together. Tema ini dipilih mengingat upaya pulih dari pandemi membutuhkan kerja sama seluruh pihak.

Pandemi Covid-19 turut mengakselarasi disrupsi ekonomi. Beberapa sektor usaha di Sumatera Selatan yang merasakan dampak langsung dari pendemi Covid-19, seperti usaha akomodasi Hotel, restaurat/rumah makan, usaha jasa angkutan penumpang dan pariwisata. Oleh karenanya mitigasi yang dilakukan juga difokuskan dalam pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia yang ada di Sumatera Selatan selain mendorong bangkitnya kegiatan usaha dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat.

Namun begitu, dampak pandemi paling nyata adalah mneingkatnya angka pengangguran, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sumatera Selatan 5,51% (BPS Sumsel, 5 Nove 2020). Untuk mengatasinya, pemerintah meluncurkan sejumlah kebijakan perbaikan iklim investasi, guna menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja.

Perbaikan iklim investasi ini akan berjalan dengan baik seiring dengan iklim ketenagakerjaan kita pun yang terus berkembang ke arah positif dan kondusif. Iklim ketenagakerjaan yang kondusif juga mendukung meningkatnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan sarana penunjang kesejahteraan pekerja/buruh seperti koperasi pekerja.

Karena May Day 2021 berdekatan juga dengan Idul Fitri 1443, sebagai bentuk kepedulian kepada pekerja/buruh, pemerintah dirikan Posko THR agar pembayaran THR sesuai peraturan perundang-undangan.