FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH & PRA MUSRENBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

0
787
Pelaksanaan Forum OPD dan Pra Musrenbang tetap menjalankan Prokes Covid-19.

Dalam rangka menyelaraskan Program dan kegiatan Pembangunan  Kabupaten/Kota dengan sasaran dan prioritas Pembangunan Provinsi  Sumatera Selatan berupa Program dan Kegiatan Daerah Kabupaten/Kota yang diselaraskan dengan Program Daerah Provinsi melalui APBD Provinsi  Sumatera Selatan serta Program Kegiatan antar Perangkar Daerah. Diselenggarakan Forum Lintas Perangkat Daerah dan Pra Musrenbang pada tanggal 19-20 April 2021 bertempat di Bali Room Hotel Santika Premier Palembang. Kegiatan ini diikuti oleh 49 OPD yang dibagi dalam 4 kelompok Desk pada hari pertama dan 3 kelompok desk di hari kedua.

Pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan mewakili Gubernur Sumatera Selatan, dalam sambutan H. Nasrun Umar menyampaikan Target tahun 2022  yang akan dicapai  antara lain : Pertumbuhan Ekonomi mencapai 5,5 – 6,1%, Tingkat Kemiskinan turun menjadi 9,6 -9,91%, Tingkat Pengangguran terbuka (TPT) pada kiaran 3,75%, sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 72,42% serta Indeks Gini menjadi 0,352 point.

Untuk mencapai target-target tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menetapkan Prioritas Daerah Porvinsi Sumatera Selatan Tahun 2022, yaitu : Percepatan Penurunan Tingkat Kemiskinan dan Stunting, Pembangunan Ekonomi Kerakyatan melalui Peningkatan Produktivitas Pertanian, Investasi, Industri, Perdagangan, UMKM dan Pariwisata, Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia madani dan Berprestasi, Pemerataan Pembangunan melalui Peningkatan Infrastruktur  Dasar dan Konektivitas, Pelestarian Lingkungan dan Penanggulangan Bencana dan Optimalisasi Reformasi Birokrasi dan Stabilitas Keamanan.

Dari Prioritas Daerah tersebut, maka Pemerintah Provinsi Sumatera menetapkan tema Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 yaitu “Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan”.

Untuk mencapai prioritas-prioritas daerah tersebut bukan hal yang mudah, kita harus bersinergi dan bekerja keras dengan seluruh pemangku kepentingan, Insya Allah akan dapat kita capai bersama-sama.

Nasrun Umar berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah, “Bahwa Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang kita susun harus satu muaranya, yaitu menurunkan angka kemiskinan Sumatera Selatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata, sehingga Visi Sumatera Selatan 2019-2023 yaitu “Sumatera Selatan Maju Untuk Semua” akan dapat kita capai”.

Pelaksanaan Forum OPD dan Pra Musrenbang tetap menjalankan Prokes Covid-19.

Ketenagakerjaan.

Tingkat Pengangguran Terbuka(TPT) di Sumatera Selatan Tahun 2020 sebesar 5,51%, masih lebih rendah dibandingkan nasional yang sebesar 7,07%. Namun demikian terjadi peningkatan 1,03% dibandingkan tahun 2019 atau terdapat 597 ribu penduduk usia kerja yang mengalami dampak COVID-19. Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk meningkatkan akses terhadap Lapangan Pekerjaan dan Penciptaan Lapangan Kerja Baru serta Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja.

 

Penulis : Mashque – Subag PEP